Cara Membersihkan Drive C di Windows 10 dengan Tuntas

Cara Membersihkan Drive C di Windows 10 dengan Tuntas

Posted on

Drive C merupakan default drive pada komputer yang menggunakan Windows. Drive C harus dibersihkan secara berkala agar harddisk tidak cepat penuh dan perangkat tidak menjadi lemot. Tanpa disadari, drive C sering tiba-tiba penuh. Penyebabnya adalah banyaknya file sampah yang menumpuk. File sampah sapat berupa temporary file, registry entry, cache, dan file-file lain yang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan.

Membersihkannya secara manual tentu sangat merepotkan dan memakan waktu lama. Cara membersihkan drive C di Windows 10 yang paling efektif adalah dengan bantuan fitur bawaan dari Windows 10 atau aplikasi lain.

Cara membersihkan drive C di Windows 10 dengan Storage Sense

Cara membersihkan drive C di Windows 10 dengan Storage Sense

Storage Sense adalah software bawaan Windows 10 jadi kamu tidak perlu menginstallnya. Storage Sense memiliki fungsi sama seperti Disk Cleanup pada versi Windows sebelumnya namun memiliki tampilan lebih modern dan lebih user-friendly. Cukup dengan mengaktifkan fitur pembersihannya, Storage Sense akan bekerja otomatis menghapus file sampah secara berkala sesuai jadwal yang ditentukan. Drive C akan terbebas dari old caches, temporary files, dan file sampah lainnya.

Cara mengaktifkannya sangat mudah. Pertama buka Settings, pilih System, kemudian pilih Storage. Tekan  tombol On pada Storage Sense, maka fitur ini akan hidup. Selanjutnya klik Run it now. Maka, Storage Sense akan bekerja menghapus file sampah di drive C. Kamu bisa menentukan jadwal untuk penghapusan file sampah tersebut, misalnya satu bulan sekali.

Cara membersihkan drive C di Windows 10 dengan CCleaner

Cara membersihkan drive C di Windows 10 dengan CCleaner

Selain menggunakan Storage Sense, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membersihkan file sampah. Salah satu yang cukup populer adalah CCleaner. Aplikasi gratis ini mempunyai tools yang cukup lengkap sehingga bisa dibilang reliable untuk melakukan tugas-tugas pembersihan PC terutama di drive C mulai dari membersihkan system registry hingga cache aplikasi.

CCleaner mampu membersihkan PC secara tuntas hingga ke akar-akarnya karena dilengkapi tools software uninstaller dan updater. Sebelum membuka aplikasi CCleaner, tutup dulu semua aplikasi yang berjalan termasuk browser yang sedang aktif. Selanjutnya, masuk ke tab Easy Clean lalu klik Analyze. Proses scan akan dimulai. Tunggu hingga selesai.

Setelah proses selesai, daftar file sampah yang bisa dibersihkan akan muncul. Klik Clean All. Mudah sekali, kan? Selain itu, CCleaner memiliki beberapa fitur untuk membersihkan file sampah dari aplikasi atau browser tertentu seperti Custom Clean, Registry Cleaner, Duplicate Finder, dan sebagainya.

Cara membersihkan drive C di Windows 10 dengan Menggunakan Total PC Cleaner

Cara membersihkan drive C di Windows 10 dengan Menggunakan Total PC Cleaner

Aplikasi lain yang bisa membersihkan drive C tanpa ribet adalah Total PC Cleaner. Sama seperti CCleaner, aplikasi ini merupakan aplikasi gratisan yang cukup ampuh menghapus file sampah di Windows 10. Untuk orang awam, aplikasi ini sangat direkomendasikan karena tampilannya sederhana dan gampang digunakan.

Kamu bisa menginstal Total PC Cleaner dari Microsoft Store. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut lalu langsung klik Start Scan. Aplikasi akan mencari file sampah yang bisa dibersihkan. Setelah proses scanning selesai, klik tombol Clean.

Total PC Cleaner tidak hanya mengidentifikasi file-file kecil sebagai sampah tetapi juga file-file besar hasil download. Apabila file-file di folder download masih diperlukan, sebaiknya jangan centang opsi Downloads.

Cara membersihkan drive C di Windows 10 dengan Menggunakan Disk Cleanup

Cara membersihkan drive C di Windows 10 dengan Menggunakan Disk Cleanup

Walaupun dianggap jadul, ternyata Disk Cleanup tetap ada di Windows 10 dan tetap dapat diandalkan untuk Membersihkan file sampah di drive C dan drive D. Cara menggunakannya sama mudahnya dengan menggunakan aplikasi lainnya. Pertama, masuk ke aplikasi Disk Cleanup. Pilih drive yang akan dibersihkan. Lalu pilih file mana saja yang ingin dihapus. Klik Clean up system files. Terakhir tekan tombol OK.

Baca Juga: Partisi C Windows 10

Semua cara di atas dapat membersihkan file sampah di drive C dan di komputer secara keseluruhan. Silakan pilih cara membersihkan drive C di Windows 10 yang dirasa paling nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *