Cara Menambah Partisi C Windows 10 dengan dan tanpa Aplikasi

Cara Menambah Partisi C Windows 10 dengan dan tanpa Aplikasi

Posted on

Pada umumnya kapasitas hard disk di komputer dibagi menjadi dua partisi yaitu drive C (system) dan D (Data). Kapasitas hard disk bisa dibagi menjadi banyak partisi tidak hanya C dan D, tetapi hingga E, F, dan seterusnya.

Dibanding dengan drive lain, drive C biasanya mempunyai kapasitas paling kecil. Akibatnya, drive C menjadi cepat penuh yang berakibat performa melambat. Padahal program atau game yang diinstal pada komputer akan masuk ke drive C. Inilah alasan kenapa banyak orang mencari cara menambah partisi C Windows 10. Ternyata caranya tidak seribet yang dibayangkan.

Cara menambah partisi C windows 10 dengan Partition Manager

Partition manager adalah aplikasi yang berfungsi mengelola hard disk di Windows 10. Selain menambah partisi baru, aplikasi ini bisa digunakan untuk menambah kapasitas partisi. Nah, sebenarnya ada banyak aplikasi gratis yang bisa digunakan. AOMEI Partition Assistant adalah salah satu yang paling direkomendasikan.

Cara Menambah Partisi C Windows 10 dengan dan tanpa Aplikasi

Setelah mengunduh AOMEI Partition Assistant, install dan jalankan aplikasinya. Setelah aplikasi terbuka, daftar hard disk beserta pembagian partisinya akan muncul. Partisi yang terlihat di daftar bisa berupa drive C, drive D, System Reserved, dan unallocated.

Kapasitas drive C bisa ditambah dari partisi lain atau unallocated space yang berada di sebelah drive C. Misalnya di aplikasi terlihat bahwa drive D berada di sebelah drive C. Maka, ruang di drive C dapat diambil untuk ditambahkan ke C.

Untuk melakukannya, ukuran partisi di drive D harus diperkecil dahulu sehingga tercipta space kosong untuk menambah kapasitas drive C. Caranya adalah klik kana pada drive D lalu pilih opsi paling atas yaitu Resize Partition. Setelah itu tarik titik yang ada di sebelah kiri ke kanan sampai mendapat ukuran ruang yang dibutuhkan untuk ditambah ke drive C.

Kapasitas ruang kosong tersebut dapat dilihat di kolom Unallocated space before. Untuk mendapatkan ukuran ruang dengan detail, kamu bisa langsung mengetik angka pada kolom tersebut. Selanjutnya tekan tombol OK. Ruang Unallocated yang tadi dibuat akan berada di sebelah kanan drive C. Klik tombol Apply di pojok kiri atas untuk memulai proses penambahan kapasitas.

Tunggu proses resize tersebut hingga selesai. Lamanya tergantung dari berapa ukuran ruang yang dibuat. Semakin besar ruang, tentu semakin lama waktu yang dibutuhkan. Setelah selesai, ruang Unallocated baru akan muncul. Langkah selanjutnya adalah menambahkan ruang tersebut ke drive C. Caranya sama seperti saat memperkecil drive D. Bedanya kali ini bukan memperkecil partisi tapi memperbesar.

Menambah kapasitas Drive C Windows 10 tanpa aplikasi

Jika malas memasang aplikasi baru, kamu bisa menambah ruang di drive C tanpa aplikasi yaitu menggunakan Disk Management yang merupakan program bawaan Windows. Pertama buka Control Panel lalu pilih Administrative Tools. Kemudian pada Computer Management, klik kanan maka akan ada pilihan Run as Administrator. Pilih Disk Management.

Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada drive C dan pilih Extend Volume. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan jika sudah ada ruang Unallocated yang siap ditambahkan. Permasalahannya, Disk Management tidak bisa digunakan untuk membuat ruang Unallocated tersebut.

Baca Juga: BOOTING WINDOWS 10

Jadi intinya, aplikasi pihak ketiga tetap dibutuhkan untuk menambah kapasitas drive C. Nah, demikianlah cara menambah partisi C

ows 10. Dengan bertambahnya ruang di drive C, kamu bisa menginstal banyak program dan game tanpa khawatir hard disk akan cepat penuh dan perangkat menjadi lemot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *