Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

Posted on

Saat kita membeli handphone baru, pasti didalamnya sudah diinstal aplikasi bawaan Namun seiring berjalannya waktu kita juga ingin menambahkan aplikasi dari luar. Untuk menambahkannya kita pasti mendownload baik lewat toko aplikasi ataupun internet. Namun pernahkah anda saat sedang menginstal aplikasi malah gagal.

Pastinya kita akan merasa kesal apabila berniat untuk memasang aplikasi namun gagal. Hal menjengkelkan ini ternyata bisa diatasi dengan berbagai hal. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang yang bisa anda coba.

1. Restart Dulu Smartphone

Restart Dulu Smartphone

Cara yang paling simpel dan paling mudah yang bisa anda coba adalah dengan merestart handphone. Mungkin anda bingung kok bisa? Ternyata bisa banget sobat. Pada saat kita merestart smartphone maka seluruh sistem di handphone dan juga aplikasi ini akan merestart juga hasilnya sistem akan bekerja seperti awal. Dan kemungkinan bisa mengatasi permasalahan gagalnya aplikasi. Cara untuk merestart handphone sangat mudah pastinya setiap orang bisa melakukannya. Cukup tekan tombol power agak lama selanjutnya pilih tombol restart atau reboot. Tunggu sampai handphone nyala kembali.

2. Aktifkan Unknown Resource

Aktifkan Unknown Resource

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengaktifkan Unknown Resources. Fitur ini merupakan salah satu penghalang untuk aplikasi yang memiliki sumber tidak dikenal. Apabila anda mendownload aplikasi di luar toko aplikasi yang sudah disediakan maka tidak bisa diinstal karena fitur ini. Untuk itu anda bisa menonaktifkannya. Caranya sangat mudah pertama anda bisa membuka Setelan Android. Setelah itu anda bisa masuk pada opsi keamanan. Di sana anda bisa pilih menu pengaturan sumber tidak dikenal atau kita bisa menyebutnya dengan Unknown Resources. Untyk menyegarkannya anda bisa merestart handphone lalu kembali menginstal aplikasi tadi. Anda bisa mengaktifkan ataupun menonaktifkannya sesuai keinginan.

3. Beri Izin Memori Internal

Pada handphone Android di sebagian besar maka aplikasi baru diinstal akan disimpan dalam memori internal. Apabila terdapat permasalahan pemasangan aplikasi maka anda bisa mengecek pengaturan ini. Caranya sangat mudah. Pertama anda bisa buka menu setelan Android. Setelah itu anda bisa pilih menu aplikasi disana, setelah dipilih anda bisa cari menu aplikasi Google Playstore.

Sekarang anda masuk ke menu Izin dan aktifkan izin Penyimpanan. Apabila anda menginstal aplikasi buka via Google Playstore maka cara Pengaturan adalah dengan membuka Setelan Android, setelah itu anda bisa masuk pada menu aplikasi san pilih aplikasi bernama pemasangan paket. Disana terdapat menu perizinan cukup aktifkan saja izin Penyimpanan.

4. Hapus Cache Google Playstore

Hapus Cache Google Playstore

Cara berikutnya adalah dengan menghapus Cache pada Google Play Store. Cara ini dibilang ampuh untuk mengatasi permasalahan ini. Karena Cache yang menumpuk bisa menimbulkan permasalahan sendiri pada ponsel Anda. Salah satunya permasalahan ini.

Cara untuk menghapus Cache adalah dengan membuka menu setelan Android. Setelah itu anda bisamembuka menu aplikasi. Disana anda bisa mencari lalu membuka aplikasi Google Playstore. Masuklah pada menu Penyimpanan. Disana ada tombol yang bertuliskan hapus Cache. Anda bisa menghapus Cache dengan klik tombol itu.

5. Periksa Kompatibilitas (Versi) Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah dengan mengecek Kompatibilitas dari aplikasi. Ternyata salah satu yang berpengaruh dari fungsi aplikasi adalah kompabilitas sistem. Karena disini bisa dilihat apakah sistem tersebut nisa berjalan dengan baik atau tidak.

Salah satunya adalah dengan mengecek versi dari aplikasi jangan sampai anda menginstal aplikasi versi lama di Android yang memiliki versi terbaru. Karena ketidak sinkronan ini membuat aplikasi gagal terpasang. Solusinya adalah dengan mengecek dari segi kompabilitas. Dan instal hanya sesuai dengan versi yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *