Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop Windows 10 dengan Mudah

Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop Windows 10 dengan Mudah

Posted on

Pernah panik karena laptop tidak mau masuk ke Windows melainkan muncul layar hitam? Masalah munculnya layar hitam di laptop dapat diakibatkan oleh berbagai sebab. Penyebab paling umum adalah ada kerusakan pada file Start up Windows 10 atau instalasi update Windows tidak berjalan lancar. Selain itu bisa juga masalah ini terjadi karena driver yang sudah outdated atau kadaluarsa.

Lalu bagaimana cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 10? Cara yang paling umum adalah menggunakan Task Manager. Berikut langkah-langkah menjalankan Task Manager.

Cara mengatasi Iayar hitam pada laptop Windows 10 melalui Task Manager

Cara mengatasi Iayar hitam pada laptop Windows 10 melalui Task Manager

Sebelum membawa laptop ke tempat servis, kamu coba dulu mengatasi black screen Windows 10 dengan mengakses Task Manager. Siapa tahu berhasil. Pertama, buka Task Manager terlebih dahulu. Walaupun kursor biasanya masih bisa digerakkan, tentu akan sulit membuka Task Manager karena layar laptop secara keseluruhan menjadi hitam. Karena itu diperlukan tombol keyboard untuk mengaksesnya. Caranya adalah dengan menekan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan.

Akan muncul empat opsi di layar yaitu Lock, Sign Out, Switch User, dan Task Manager. Pilih Task Manager dengan cara mengkliknya. Selanjutnya masuk menu File dan tekan Run New Task. Setelah ditekan akan muncul dialog box Run New Task. Di dalam kotak dialog tersebut, ketikan perintah C:\windows\explorer.exe. Cek kembali perintah yang dimasukkan. Jika sudah benar, tekan tombol Enter pada keyboard.

Setelah menekan Enter, seharusnya layar laptop sudah kembali normal seperti sedia kala. Namun jika tidak berhasil, ada kamu harus melanjutkan ke langkah berikutnya.  Kembali pada kotak dialog Run New Task. Jika pada langkah sebelumnya, kamu harus mengetikkan sebuah perintah di kotak tersebut, sekarang tidak perlu mengisinya melainkan langsung klik ‘browse’ di bawah kotak tersebut.

Selanjutnya kotak file manager akan muncul. Pilih This PC >> Data C >> Windows >> explorer. Lalu buka file explorer tersebut. Setelah klik open, akan muncul kotak dialog bertuliskan C:\windows\explorer.exe. Terakhir tekan OK. Seharusnya, layar akan kembali normal. Mudah, bukan?

Sesuaikan dengan penyebabnya

Langkah-langkah mengatasi black screen pada Windows 10 melalui Task Manager di atas kemungkinan berhasil jika layar hitam disebabkan oleh tidak mulusnya proses instalasi update Windows. Tetapi seperti sudah disebutkan di atas ada beberapa penyebab lain yang tentunya memerlukan cara lain untuk mengatasinya.

Misalnya jika layar hitam ternyata disebabkan oleh driver GPU yang sudah kadaluarsa atau lama tidak diupdate, maka jalan keluarnya adalah segera mengupdatenya dan instal melalui safe mode. Jika penyebab utamanya adalah karena start up Windows mengalami kerusakan, maka solusinya adalah instal ulang Windows. Usahakan tetap menggunakan Windows asli ya, bukan yang bajakan.

Windows 10 asli memang tidak murah. Tetapi menggunakan Windows bajakan memiliki banyak kekurangan seperti tidak adanya akses update Windows dan tidak ada teknikal support dari Windows. Selain itu perangkat tidak akan terlindungi dari serangan virus. Kinerja laptop pun akan terpengaruh. Untuk meminimalisasi hal-hal tersebut, sangat direkomendasikan untuk menginstal Windows 10 asli.  

Baca Juga: Microsot Store

Demikianlah beberapa cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 10. Jadi, jangan terlalu panik jika layar laptop hitam ketika dinyalakan padahal posisi laptop dalam keadaan hidup. Pasalnya, layar hitam pada laptop sebenarnya bukan hal yang serius asal penyebabnya bukan dari bagian vital pada laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *