Robotika : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Materi dan Contoh Robot

Robotika : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Materi dan Contoh Robot

Posted on

Robot pertama kali dimaksimalkan oleh anak anak theguardian dan hupingtoj, “ Robot yakni peralatan yang sanggup melaksanakan fungsi-fungsi yang lazim dijalankan oleh manusia, atau peralatan yang sanggup bekerja dengan intelegensi yang mirip dengan manusia”.

Dimaksimalkan oleh Robotics Institute of America (RIA), perkumpulan pembuat robot yang lebih menitikberatkan kepada kesanggupan nyata yang dimiliki oleh robot kepada kemiripannya dengan manusia.

Seumpama mendasar, robot memilik banyak hal yang sama dengan otomasi internal, mereka memanfaatkan piranti kekuatan yang serupa (seperti listrik, hidraulik, atau pneumatik) dan mereka dikontrol melewati urutan-urutan yang telah dikontrol melewati program, yang memungkinkan mesin hal yang demikian pada posisi yang diharapkan.

Pengertian Robot / Robotika

Robot yakni sebuah alat mekanik yang bisa melaksanakan tugas jasmaniah, baik memakai pengawasan dan kontrol manusia, ataupun memakai program yang telah didefinisikan secara khusus dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tak mengenal lelah atau bosan.

Apa itu Robot

Robot Merupakan peralatan manipulator yang sanggup diprogram, mempunyai berjenis-jenis fungsi, yang dirancang untuk memindahkan barang, komponen-komponen, peralatan, atau alat-alat khusus, melewati berjenis-jenis gerakan terencana untuk pengerjaan berjenis-jenis pekerjaan.

Apa itu Robotika

Robotika yakni bidang dinamis yang perkembangannya benar-benar maju cepat. Perkembangan ini selain melibatkan komputasi, permesinan dan elektronika juga menyangkut perkembangan teknologi terapan. Penelitian dibidang terakhir ini biasanya berakar dari industri, untuk menuntaskan dilema industri dengan teknologi yang ada.

Lingkungan seperti ini didefinisikan sebagai lingkungan Dalam perkembangan mesin yang terotomatisasi ini akan menjadi berjenis-jenis-variasi spesifikasi tergantung keperluan aktifitas manusia kepada otomatisasi industri dan robotika.

Dikala ini hampir tak ada orang yang tak mengenal robot, tetapi pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh tiap orang. Malah membayangkan robot yakni suatu mesin tiruan manusia (humanoid), sedangkan demikian humanoid bukanlah satu-satunya variasi robot.

Sejarah Robot / Robotika

Perkembangan robotika pada awalnya bukan dari disiplin elektronika tetapi berasal dari ilmuwan biologi dan pengarang cerita novel ataupun pertunjukan drama pada sekitar abad XVIII.

Baru sekitar abad XIX robot mulai dimaksimalkan oleh insinyur teknik, pada dikala itu berbekal keahlian mekanika untuk membuat jam mekanik mereka membuat boneka tiruan manusia yang bisa bergerak pada komponen tubuhnya.

Para ilmuwan biologi pada dikala itu ingin menjadikan makhluk yang mempunyai karakteristik seperti yang mereka inginkan dan menuruti segala apa yang mereka perintahkan, dan hingga sekarang makhluk yang mereka ciptakn terssebut tak pernah terwujud menjadi nyata, tetapi matrak menjadi bahan pada novel-novel maipun naskah sandiwara pangung ataupun film.

Pada tahun 1920 robot mulai berkembang dari disiplin ilmu elektronika, lebih spesifiknya pada cabang kajian disiplin ilmu elektronika yakni teknik kontrol otomatis, tetapi pada masa-masa itu komputer yang yakni komponoen utama pada sebuah robot yang diterapkan untuk pengolaan data usul dari sensor dan kendali aktuator belum mempunyai kemmpuan komutasi yang cepat selain ukuran jasmaniah komputer pada masa itru masih cukup besar.

Robot-robot cerdas mulai berkembang cepat seiring berkembagnya komputer pada sekitar tahun1950-an. Dengan kian cepatya kesanggupan komputasi komputer dan kian kecilnya ukuran fisiknya,karenanya robot-robot yang dihasilkan kian mempunyai kecerdasan yang cukup baik untuk melaksanakan pekerjan-pekerjan yang lazim dijalankan olaeh manusia. Pada awal diciptakaanya, komputer sebagai alat hitung saja.

Mendefinisikan robotika secara terang yakni hal yang susah. Tapi seorang Joseph Engelberger, yang dijuluki sebagai “bapak robotika” karena jasanya mengoptimalkan robot industri yang pertama di Amerika Serikat, pernah mengatakan “aku tak bisa mendefinisikan robot, tetapi aku tahu dikala aku melihatnya”.

Memiliki ini terjadi karena robot yakni hal yang rumit dan susah dideskripsikan dengan kata-kata, Model demikian, terdapat empat karakteristik dasar yang semestinya dimiliki oleh tiap robot modern. Karakteristik dasar hal yang demikian yakni sebagai berikut.
Memiliki sensor.

Dikala yakni pengembangan perangkat lunak untuk menerima algoritma baru bagi pengaturan robot, pengembangan sistem penglihatan dengan sistem resolusi yang lebih tinggi, koreksi kesanggupan sensor dan pengembangan protokol komunikasi untuk komunikasi dengan komputer dan peralatan pabrikSehingga robot diasmsikan sebagai gabungan antara perangkat mekanik dan perangkat elektronik yang berfungsi untuk menggantikan pekerjaan manusia yang beresiko tinggi, seperti pekerjaan pada suhu yang tinggi, zat kimia, ruang hampa udara, dan pada situasi yang tak mungkin dijalankan oleh manusia.

George Davinci

Ada juga robot sebagai alat hiburan dan ada pula robotyang bertugas untuk menggantikan pekerjaan yang menuntut keahlian (accurary), kecepatan dan lain-lain. Ada pula robot yang berfungsi untuk melaksanakan pekerjaan yang rutin seperti robot pada pemintalan benang. Pada bidang pertahanan keamanan (Hankam), robot diterapkan sebagai penjinak bom. Dikala ini robot dimaksimalkan supaya bisa berpikir sendiri dengan logika-logika yang telah ditanamkan pada software dalam robot hal yang demikian.

Fungsi Robot Atau Robotika

Pertambangan, pekerjaan “cari dan bantu” (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Ini ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat asisten rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.Memiliki sistem kecerdasan (Kontrol).

Robot biasanya diterapkan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri diterapkan dalam bidang produksi. Pemakaian robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa.

Memiliki kecerdasan bekerja dengan memproses data usul berupa situasi ataupun kejadian yang sedang terjadi dari luar lingkungan. Kelengkapan sistem menjadikan keluaran berupa instruksi ataupun keputusan pada robot untuk melaksanakan suatu perbuatan tertentu. Diantara manfaat robot lainnya:

Cara Kerja Robot / Robotika

  • Memiliki peralatan mekanik (Aktuator).
  • Memiliki mekanik berfungsi untuk membuat robot bisa melaksanakan suatu perbuatan tertentu dan berinteraksi dengan lingkungannya. Kecuali seperti adanya roda bermotor untuk bergerak, lengan untuk mengambil obyek, dan lain-lain.
  • Memiliki sumber kekuatan (Power).
  • Sebagaimana pada organisme kehidupan yang memerlukan makanan untuk hidup, robot juga memerlukan sumber kekuatan untuk menggerakkan komponen elektrik dan mekanika yang terpasang. Sumber kekuatan pada robot meliputi penyedia kekuatan listrik seperti baterei, dan sistem pengatur transmisi yang bertugas mengonversi kekuatan listrik cocok keperluan tiap komponen.

Dengan mengenal manfaat dasar hal yang demikian, kita bisa lebih gampang menetapkan apakah suatu benda itu robot atau bukan. Dikala itu keempat parameter hal yang demikian yakni pertimbangan utama dalam merancang robot.

Materi Robot dan Robotika

Teknologi robotik mempunyai cakupan yang benar-benar luas serta mempunyai berjenis-jenis bidang terapan. Oleh karena itu, benar-benar banyak pengelompokan variasi robot yang bisa dihasilkan. Sebagai contoh, robot bisa diklasifikasikan berdasarkan penggunaannya seperti untuk militer, kedokteran, manufaktur, dan lain-lain.

Sensor yakni peralatan yang berguna untuk mengukur ataupun merasakan sesuatu pada lingkungan di luar robot, layaknya indera pada makhluk hidup, dan memberi laporan alhasil kepada robot. Dengan adanya sensor, robot bisa mempunyai suatu pertimbangan dalam mengambil keputusan.
Cara dari sensor yakni sensor cahaya untuk mendeteksi adanya cahaya dan suhu sensor untuk mengukur suhu.

Teknologi robotik yakni sistem yang meniru sistem ini. Dapat pada makhluk hidup seperti hewan dan manusia disebut indera, karenanya di robot disebut sensor. otak pada manusia dan hewan, karenanya pada robot disebut microcontroller. otot pada manusia, actuator pada robot. sumber kekuatan makanan pada manusia, sumber kekuatan listrik dari power supply seperti baterai pada robot. rangka pada manusia, bingkai/platform pada robot.

Dikala ini, robot telah berperan banyak dalam kehidupan manusia mulai dari bidang pendidikan, industri, manufaktur, militer, sars, amati, dan lain sebagainya..berikut yakni gambar beberapa contoh aplikasi robot pada kehidupan manusia. dan benar-benar menolong kerja manusia.

Untuk bisa diklasifikasikan sebagai robot, mesin semestinya mempunyai dua variasi kesanggupan yakni:
1) Cara menerima informasi dari sekelilingnya.
2) Cara melaksanakan sesuatu secara jasmaniah seperti bergerak atau memanipulasi obyek.

Untuk bisa dikatakan sebagai robot sebuah system tak perlu untuk meniru segala tingkah laku manusia, tetapi suatu sistem hal yang demikian bisa mengadopsi satu atau dua saja sistem yang ada pada diri manusia saja telah bisa dikatakan sebagai robot. Memiliki yang diadopsi berupa sistem penglihatan (mata), sistem pendengaran (kuping) ataupun sistem gerak.

Contoh Robot / Robotika

Perkembangan algoritma pemrograman menjadikan komputer sebagai instrumentasi yang mempunyai kemammpauankemampuan seperti otak manusia. Artificial intelegent atau kecerdasan buatan yakni algoritma pemrograman yang membuat komputer mempunyai kecerdasan seperti manusia yang sanggup menalar, mengambil ringkasan dan keputusan berdasarkan pengalaman yang dimiliki, dan berikut contoh robotika :

Robot Teknologi Rendah
Robot teknologi rendah diterapkan dalam lingkungan industri untuk pekerjaan seperti mesin pemasang dan pelepas, penanganan material, operasi pengepressan dan operasi perakitan simpel.

  • Karakteristik robot teknologi rendah:
  • kerja, muatan kerja variasi robot teknologi rendah berkisar 3 hingga 13,6 kg.
  • Siku mempunyai dua hingga empet pergerakan dan biasanya robot teknologi rendah yakni robot non servo.
  • ketelitian, yakni seberapa dekat sebuah robot bisa menggerakkan manipulatornya cocok dengan titik yang telah diprogramnya. Erat hubungannya dengan ketelitian yakni keseragaman.
  • Aktuasi, yakni sistem penggerakan siku sauatu robot. Aktuasi bisa dicapai dengan menggunkan pneumatic, hidrolik, ataupun elektrik. Untuk robot yang nerteknologi rendah biasanya memakai motor listrik karena harganya murah dan operasinya gampang dikontrol.

Contoh Aplikasi Teknologi Robotik

  • Waktu siklus, yakni waktu yang dibutuhkan sebuah robot untuk bergerak dari satu posisi keposisi berikutnya.
  • Dimana waktu diklus ini tergantung atas 2 unsur yakni : muatan kerja dan panjang lengan manipulator. Robot teknologi rendah biasanya mempunyai waktu siklus yang cukup tinggi yakni : 5 – 10 sekon.
  • Keseragaman menandakan seberapa kerap sebuah robot melaksanakan program yang sama, mengulangi gerakannya pada titik yang telah diberikan. ketelitian dan keseragaman benar-benar penting dalam sistem operasi berjenis-jenis robot.
  • Untuk robot teknologi rendah ketelitiannya berkisar 0.050-0.025 mm.

Dan berikut penjelasan tentang Robotika : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Materi dan Contoh Robot. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *